Open Service Gateway Initiative (OSGI)

OPEN SERVICE GATEWAY INITIATIVE (OSGI)

            Open Service Gateway Initiative (OSGI) adalah sebuah sistem dan aplikasi interoprability berbasis komponen platform yang terintegrasi. OSGI merupakan sistem modul dinamik pada Java. Teknologi OSGI adalah Universal Middleware. Teknologi OSGI menyediakan sebuah service-oriented, lingkungan yang berbasis komponen untuk pengembang dan menawarkan jalan standard untuk mengatur siklus hidup software. Teknologi OSGI mengadopsi keuntungan dari menambah time-to-market dan mengurangi biaya pengembangan karena teknologi OSGI menyediakan subsistem komponen yang terintegrasi dari pre-build dan pre-tested. Teknologi ini juga mengurangi biaya perawatan dan memberikan kesempatan aftermarket yang baru dan unik karena jaringan dapat digunakan untuk update secara dinamik dan mengirimkan service dan aplikasi di lapangan.
            OSGI spesifikasi menjelaskan sistem modular dan layanan platform untuk bahasa pemrograman Java. Aplikasi atau komponen datang dalam bentuk bundle untuk penyebaran, bisa di install dari jarak jauh, start, update, and delete tanpat memerlukan restart. Java Packages/classes mempunyai spesifikasi yang detail. Apllication Life Cycle Management diimplementasikan melalui API’s yang memungkinkan untuk remote download dari kebijakan management. Layanan registrasi memungkinkan bundle untuk mendeteksi penambahan layanan baru atau penghapusan layanan dan adaptasi.
            OSGI ini adalah sebuah teknologi dimana kita dapat menggabungkan berbagai fungsi dalam satu tujuan atau aplikasi, suatu cara untuk menggabungkan berbagai bagian-bagian yang mana bagian-bagian ini dibungkus menjadi sebuah aplikasi yang dapat kita gunakan dengan berbagai macam kegunaan. Teknologi ini berawal dari dari pikiran bagaimana cara mengubah program tanpa membongkar koding. Dari situ teknologi ini mulai dikembangkan dalam bahasa pemrograman mulai dari instalasi, jalannya program, update, dan sampai uninstall tanpa perlu memperbaiki koding.
            OSGI spesifikasi yang dikembangkan oleh para anggota dalam proses terbuka dan tersedia untuk umum secara gratis di bawah Lisesnsi Spesifikasi OSGI. OSGI Alliance yang memiliki kepatuhan program yang hanya terbuka untuk anggota. Pada Oktober 2009, daftar bersertifikat OSGI implementasi berisi lima entri
            Setiap kerangka yang menerapkan standar OSGI menyediakan suatu lingkungan untuk modularisasi aplikasi ke dalam kumpulan yang lebih kecil. Setiap bundel adalah erat-coupled,  dynamically loadable kelas koleksi, botol, dan file-file konfigurasi yang secara eksplisit menyatakan dependensi eksternal mereka (jika ada).
            Kerangka kerja konseptual yang dibagi dalam bidang-bidang berikut :
Description: D:\DATA\MY DOCUMENT\matt\matt_182\kampus\kelas 4\semester 7\tugas\pengantar telematika\370px-Osgi_framework.svg.png
-        Bundles
Ä  Bundles adalah normal jar komponen dengan nyata tambahan header.
-        Services
Ä  Layanan yang menghubungkan lapisan bundel.
-        Services Registry
Ä  API untuk jasa manajemen (Service Registration, Service Tracker, dan Service Reference).
-        Life-Cycle
Ä  API untuk manajemen siklus hidup install, start, update, dan uninstall bundel.
-        Modules
Ä  Lapisan yang mendefinisikan enkapsulasi dan deklarasi dependensi (bagaimana sebuah bungkusan dapat mengimpor dan mengekspor kode).
-        Security
Ä  Layer yang menangani aspek keamanan dengan membatasi fungsionalitas bundel.
-        Execution Environment
Ä  Mendefinisikan metode dan kelas apa yang tersedia dalam platform tertentu.
            Teknologi OSGI sudah sangat banyak dikembangkan untuk berbagai macam keperluan sehari-hari.
-        Dalam kehidupan sehari-hari
Dikembangkan untuk mengendalikan alat-alat elektronik dalam rumah tangga dengan internet, yaitu dengan menghubungkan berbagia framework OSGI ini untuk mengendalikan alat-alat rumah tangga yang bersifat elektronik.
-        Teknologi dan industri
Dalam hal ini pengembangan OSGI dalam teknologi dan industri adalah untuk otomatisasi industri.
           
            Keuntungan dari teknologi OSGI
-        Mengurangi kompleksitas
-        Dapat digunakan kembali
-        Real World
-        Mudah penyebarannya
-        Update yang dinamik
-        Adaptif
-        Transparan
-        Banyak versinya
           
            Kerugian dari teknologi OSGI
-        Ruang lingkupnya sangat kecil
-        Keamanan kurang terjaga
-        Biaya sangat mahal
-        Rawan terjadinya pencurian data
-        Ukuran penyimpanan yang sangat kecil
           
            Saran dari teknologi OSGI adalah bahwa teknologi OSGI ini dapat membantu manusia dalam menggabungkan berbagai fungsi dalam satu tujuan. Dari satu tujuan tersebut, dapat digunakan untuk berbagai macam kegunaan. Selain itu, dengan menggabungkan beberapa fungsi menjadi satu maka dapat diperhatikan juga untuk sistem keamanan tersebut. Karena sistem keamanan nya menjadi rawan.

Referensi :

0 Response to "Open Service Gateway Initiative (OSGI)"

Poskan Komentar